Kamis, 10 Desember 2015

Nanya Itu Lumrah


Manusia itu adalah makhluk yang suka nanya. Karena manusia dibekali dengan pikiran yang tidak semua makhluk punya itu. Dan manusia itu punya rasa penasaran akan sesuatu, baik itu cuman iseng pengen tau atau emang bener-bener nggak tau dan pengen nanyain. Kayak pepatah mengatakan “malu bertanya, sesat dijalan”. Jadi intinya jangan malu buat nanya, biar nggak tersesat. Dan pepatah ini gampangnya diibaratkan kayak orang yang lagi pergi ke suatu tempat dan tempat itu bener-bener masih asing buat si orang yang hendak pergi. Kalo orangnya diam aja alias pengen nyelonong aja dan coba-coba buat milih jalan sendiri, alhasil dia akan susah menemukan yang dituju walaupun nantinya dia bakalan nemuin itu tempatnya, tapi beda kalo orang itu nanya ke orang sekitar buat petunjuk jalan. Tapi tergantung juga orang yang ditemuin buat ditanyain jalannya, karena ada tipe-tipe orang yang kadang malah ‘nyesatin’ alias orang yang nanya atau orang yang ditanya yang nggak tau maksudnya.

Okeh, balik lagi ke rasa penasaran. Rasa penasaran orang itu beda-beda, ada tipe orang yang penasaran banget ama sesuatu, ada yang cuman penasaran diawal dan setelah itu dia cuek dan ada juga nggak penasaran sama sekali alias masa bodo. Tapi kalo yang saya denger kalo rasa penasaran itu tergantung dari umur si orangnya. Orang yang umurnya masih remaja katanya rasa penasarannya lagi tinggi-tingginya, kalo ketemu apa-apa pengennya nyobain, nanyain ampe detail. Nah, kalo orang yang umurnya udah agak dewasa itu udah berkurang rasa penasarannya, dia cenderung memilih-milih kalo dia ngerasa penasaran akan sesuatu itu bisa menguntungkan buat dirinya, maka dia akan kejar itu, tapi kalo malah ngerugiin dirinya maka dia cuek aja. Dan yang terakhir itu orang yang nggak tau mau disebut apa, remaja atau dewasa nggak tau. Dan itu orang jaman sekarang yang nyebutin penarasan itu dengan kepo. Dan orang macam ini nggak bisa bedain antara dia beneran nanya karena nggak tau dan pengen tau karena peduli dan juga yang nggak bener-bener nanya alias cuman mau mancing dan tebak-tebakan gimana jawabannya. Saking nggak tau bedanya, kadang pas nanya malah dijawab ‘ih.. kepo deh’ kan nggak jelas.

Nah, ngomongin masalah nanya, pertanyaan. Saya jadi inget something yang ada kaitannya ama pertanyaan. Dan itu saya dapatkan dari serial anime yang sering saya tonton. Disitu terjadi perbincangan yang harusnya bertarung karena mereka adalah musuh. Dan disalah satu adegan yang mengharuskan buat ngomong sesuatu dan salah satu yang diucapin itu adalah ‘nggak semua pertanyaan harus dijawab’. Nah, kalo di anime sih ga apa-apa kayak gitu juga karena untuk membangun cerita, tapi kalo didunia nyata kan nggak mungkin seperti itu. Pasti tambah masalah yang ada. Coba aja, saat temen loe nanya ke loe dengan pertanyaan yang emang sebenarnya dia pengen tau jawabannya menurut loe dan loe jawab seperti itu, yang ada loe malah di bilang yang nggak nggak ama temen loe dan itu masih mending kalo cuman temen. Nah, gimana kalo yang nanya itu orang yang mau interview in loe yang sedang cari kerjaan. Dan saat si bapaknya nanya-nanya ke loe sebuah pertanyaan dan awalnya loe jawab sesuai pertanyaannya dan tiba-tiba disalah satu pertanyaan beliau loe jawab kayak gitu. Yang ada malah loe nggak lolos tes. Haha….jangan ditiru, ini cuman candaan dan masalah percaya nggak percaya masalah itu, balik lagi ke pribadi masing-masing gimana menyikapinya. Kalo saya sih jawab sesuai dengan apa yang kita tau, apa yang ditanyain.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Seorang Mahasiswa Teknik Kimia, suka hal hal simple, minimalis, seorang plegmatis.

Terbaru

Popular Posts

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.